Siapkan SDM Handal, Pemda Pohuwato Gandeng BLK Makasar

Laporan : Iwan Karim/Humas Pemda Pohuwato 
Editor : Ronal Tine

Pohuwato postnews.id – Pemda Pohuwato terus menyiapkan kualitas SDM dalam menghadapi perubahan yang bergerak begitu cepat. Langkah strategis dilakukan melalui, Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Peningkatan dan Produktivitas Balai Latihan Kerja (BLK).

Sekretaris Daerah Pohuwato Djoni Nento menyampaikan, pelatihan ini akan memberi motivasi dan keterampilan bagi peserta. “ Karena ditempat ini akan diberi ilmu sesuai bidang dan keahlian sehingga diharapkan bisa mandiri serta tidak bergantung pada seseorang atau pada orang tua,” ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara pembukan kegiatan pelatihan yang berlangsung di Aula MBR Marisa, Senin (16/9).

Didampingi Sekretaris Dinas Nakertrans Fatma Katili dan turut dusaksikan Kalapas Pohuwato, Rusdedy, Sekda Pohuwato menjelaskan, Pembangunan di Indonesia dan khususnya Pohuwato sangat ditentukan oleh kualitas SDM. “Untuk itu para peserta yang merupakan calon SDM yang baik bisa tampil terdepan dalam menggaungkan kemajuan dalam ilmu pengetahuan serta keterampilannya,” jelas Djoni.

 “Kalian adalah pemula dan harus berusaha dengan baik, harus memiliki keterampilan, ikuti betul kegiatan ini sehingga bermanfaat yang kemudian menjadi modal kedepannya” sambung Sekda. Sekretaris Nakertrans Fatma Katili menambahkan, kegiatan ini digelar bekerjasama dengan BLK Makasar yang bertujuan bisa mengurangi angka pengangguran.

Sebelumnya, Ferny Deity Lengkong selaku panitia melaporkan, pelatihan ini diikuti 80 peserta yang dibagi dalam 5 kejuruan yakni, service sepeda motor injeksi III, computer assistant III, menjahit pakaian dengan mesin I,II, Cabinet Marking I (MTU) di Desa Taluduyunu Utara Kecamatan Buntulia dan masing-masing kejuruan ada 16 orang.

Selanjutnya untuk warga binaan ini kami membentuk MoU atau kerjasama dengan harapan karena yang mengikuti adalah warga binaan dari lapas, maka mereka akan dibekali sehingga ketika keluar nanti mereka ada keahlian khusus. “Mereka sudah siap dengan keahlian untuk bekerja atau mereka akan membangun usaha sendiri. Disamping itu kedepannya peserta setelah selesai pelatihan ini tidak berhenti saja, tapi bagaimana mereka mengembangkan apa yang mereka miliki,” tutur Ferni

Kegiatan diakhiri penyematan tanda peserta serta penandatanganan MoU antara BLK Dinas Naketrans dengan Kalapas Pohuwato yang dilakukan Sekretaris Dinas Nakertrans Fatma Katili dan Kalapas Rusdedy yang disaksikan Sekda Djoni Nento.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close