Pemda Kabgor Mantapkan Prosesi Adat Bupati & Wabup

POSTNESW.ID – Pemda kabupaten Gorontalo melaksanakan rapat yang membahas pelaksanaan Upacara Adat “Moloopu” bagi Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo periode 2021-2026, di ruang Madani kantor Bupati Gorontalo, Rabu (24/2)

Berhasil dihimpun media ini, proses adat akan dilalsanakan setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati tanggal 26 Februari 2021. “Kemudian proses adat “Moloopu” dijadwalkan tanggal 28 Februari 2021 sebagai tanda penyambutan Bupati dan Wakil Bupati yang baru.

Menurut Asisten I Bidang Pemerintahan, Asri Tuna, bahwa Bupati – Wakil Bupati yang baru wajib hukumnya untuk mengikuti proses adat Moloopu. “Kedua beliau (Bupati-Wabup) ini wajib hukumnya pada saat pelantikan dibarengi dengan Adat Moloopu” ujar Asri

Dirinya menjelaskan prosesi adatnya sendiri akan dilangsungkan dengan rute awal penjemputan awal dari Rumah kediaman masing-masing (bupati dan wakil bupati), yang kemudian menuju ke Rumah Dinas Bupati maupun Rumah Dinas Wakil Bupati.

Hasil rapat dengan pihak terkait, yaitu Lembaga Adat, OPD terkait, Pegawai Syar’i, Tokoh Agama dan Tokoh Adat, menghasilkan keputusan pelaksanaan Adat “Moloopu” yang diagendakan pagi bagi Bupati dan sorenya untuk Wakil Bupati.

“Untuk Wakil Bupati dilaksanakan pagi hari dan sore hari untuk Bupati, serta dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.” tandasnya.

Pelantikan Bupati terpilih Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, dan Wakil Bupati Terpilih, Hendra Hemeto, ST terinformasi akan berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, dengan mematuhi protokoler kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Isma Uti | Ronald Tine
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close