Pemda Kabgor Optimalkan Pungutan Pajak Lewat PKS

POSTNEWS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah, yang dilakukan Melalui Zoom Meeting, Di Ruang Vidcon Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo, Rabu (21/4).

Perjanjian kerja sama ini dilakukan antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah U Tayeb mengatakan, adapun penandatanganan kerja sama ini yaitu tentang pemungutan pajak, pajak negara dan pajak daerah. Dimana nanti Dirjen Pajak dan Pemerintah kabupaten akan saling tukaran data. Ini dilakukan tentunya untuk memaksimalkan pajak daerah dan pajak negara.

“Jadi toh kalau ada usaha pajak daerah datanya di KPP Pratama, dan mereka belum memasukkan pajak daerah, maka pihak perpajakan akan kasih datanya ke pemerintah daerah, juga demikian sebaliknya,” jelas Hadijah ditemui usai penandatanganan.

Senada dengan Sekda, Kepala Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo, Roswati Lasimpala menambahkan, tujuan dari PKS ini adalah untuk mengoptimalkan pelaksanaan pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi perpajakan, serta data perizinan, atau informasi lain yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian juga untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengawasan wajib pajak bersama, antara Dirjen Pajak dengan pemerintah daerah. Kemudian juga untuk meningkatkan pendampingan dan dukungan kapasitas pada para pihak di bidang perpajakan.
“Jadi nanti sesudah ini, sesudah PKS, akan dibentuk tim antara Pemda dengan Dirjen pajak.” Tutup Roswati.

R | Isma Uti

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close