Operasi Patuh 2021, Polda Gorontalo Fokus Tindaki Protkes dan Vaksinasi

POSTNEWS.ID – Tak hanya lakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat berkendara, Polda Gorontalo juga tindaki pengendara yang tidak menerapkan protokol kesehatan dan pengendara yang belum melakukan vaksinasi, melalui operasi Patuh .

Kabag Bin OPS Direktorat lalulintas Polda Gorontalo, AKBP Gatot Sudibyo menjelaskan kegiatan operasi Patuh yang dilakukan pada dua tahun terakhir ini adalah kegiatan yang sama.

“Dibandingkan dengan operasi Patuh di tahun-tahun sebelumnya, mungkin di dua tahun terakhir ini sama kegiatannya, simpati, preventif dan represif, jadi tidak mengejar target tilang,” jelas Gatot, Saat memantau pelaksanaan operasi Patuh di jalan depan kantor Mapolda Gorontalo, Senin (20/9).

Dirinya mengatakan, pelaksanaan kegiatan operasi Patuh oleh personil lalulintas mapolda Gorontalo, lebih menekankan pada pada kegiatan inti dan prinsip kegiatan pencegahan, khususnya pencegahan penyebaran covid-19.

“Jadi dengan melaksanakan kegiatan mempercepat vaksinasi massal, kemudian juga tetap melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan, untuk menciptakan kamseltibcarlantas itu tetap kita laksanakan,” ungkapnya

Gatot menyampaikan, tindakan ini juga dilakukan secara humanis, jika ada pelanggar, maka akan dilihat dulu pelanggarannya dan jika bisa ditegur, maka pihaknya akan melakukan teguran. Kemudian selanjutnya akan ditanyakan tentang kartu vaksin.

“Kalau memang belum pernah di vaksin, maka akan kita arahkan ke vaksinator. Nanti yang akan menscreening ada tenaga kesehatan, yang menentukan dapat di vaksin atau tidak.” Ujar Gatot

“Jadi petugas lalulintas di lapangan memeriksa surat-surat kendaraan dan memeriksa pengguna jalan yang belum di vaksin, kita arahkan untuk melaksanakan vaksinasi di Polda Gorontalo.” Tukasnya.

Disampaikan juga untuk pelaksanaan operasi patuh, dilakukan serentak oleh seluruh jajaran Lantas Gorontalo, yang akan diselenggarakan selama 14 hari, sejak tanggal 20 september hingga 03 oktober 2021.

Selain itu, Anton Abdullah, salah satu pengendara yang terjaring dan melakukan vaksinasi, menyampaikan bahwa ini merupakan gerakan positif yang dilakukan oleh pihak lantas Polda Gorontalo.

“Saya kira apa yang dilakukan oleh pihak lantas Polda Gorontalo ini, adalah hal yang baik. Karena selain dalam rangka operasi Patuh, dirangkaikan juga dengan mengajak masyarakat dapat melaksanakan vaksinasi di Polda Gorontalo.” Bebernya.

R | Isma Uti
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close