Nelson Pomalingo Jalani Prosesi Adat “Modepito”

POSTNEWS.ID – Prof. Dr. Ir. H Nelson Pomalingo, M.Pd, menjalani prosesi Upacara Adat Daerah Gorontalo “Modepito” sebagai tanda berakhirnya masa jabatan Bupati Gorontalo Periode 2016 – 2021, di Rumah Jabatan Bupati Gorontalo, kemudian menuju Rumah Pribadi Bupati Gorontalo Desa Tenilo, Kecamatan Telaga Biru, Minggu (21/2) sore.

Prosesi ini dihadiri Plh. Bupati, Asisten, Staf Ahli Bupati Bid. Pemerintahan, Staf Ahli Bupati Bid. Ekbang, Kepala OPD, sejumlah kepala Camat, Pemangku Adat Terkait dan Undangan Terkait Lainnya.

Prosesi adat “modepito” yang diterima oleh Nelson merupakan prosesi adat yang dilalui dengan arti mengantarkan beliau kembali ke keluarga setelah masa jabatan bupatinya berakhir.

“Memang ini sudah menjadi tradisi bagi pejabat, yang selesai masa jabatannya, namanya mopotolungo, dan bagi pejabat yang dimungkinkan lagi untuk berlanjut, maka itu yang disebut dengan modepito.” Ungkap Nelson, usai prosesi adat.

Nelson menyampaikan, adapun prosesi adat yang ada, itu perlu di jaga bersama, karena memiliki arti penting dalam adat dan budaya. “Istilahnya mo’olamahu lipu yaitu mengakibatkan kita tertib, kita tertata rapi, dan itu yang disebut dengan adab.” Ungkapnya

Oleh karena itu, dirinya mengikuti semua prosesi ini dengan baik, dengan harapan ini menjadi semangat untuk dirinya dalam membangun daerah ke depan lagi. “Saya ingin mengembangkan jati diri Gorontalo, Budaya termasuk didalamnya. Untuk kita menjadi Provinsi, salah satunya budaya harus kita kembangkan, lestarikan.” Pungkas Nelson

Isma Uti | Ronald Tine
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close