Lewat Pelabuhan Tilamuta, 4000 Ton Jagung Gorontalo Dikirim ke Jakarta

POSTNEWS.ID – Hingga saat ini, Provinsi Gorontalo terus mengukuhkan namanya sebagai salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan kembali diadakannya pengiriman sejumlah 4000 ton jagung ke DKI Jakarta, pada Sabtu (30/5) pagi, melalui pelabuhan Tilamuta, oleh PT Segar Pangan Sejahtera Gorontalo, yang disaksikan langsung Bupati Boalemo, Darwis Moridu.

“Saat ini sementara pemuatan jagung ke Jakarta, saya sebagai pemerintah daerah, mendukung sepenuhnya dari perusahaan, untuk melaksanakan pemuatan jagung melalui pelabuhan Tilamuta,” ungkap Bupati Darwis.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Darwis berharap kepada pihak perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Pohuwato tersebut, untuk dapat membangun gudang penampungan jagung di wilayah Kabupaten Boalemo, bahkan pihaknya berjanji akan menyediakan lahan yang nantinya bisa digunakan untuk pembangunan gudang tersebut.

“Saya berusaha dan berharap, pihak perusahaan bisa membangun gudang penampungan di Kabupaten Boalemo, dan saya jamin untuk menyiapkan lahan pembangunan gudang penampungan jagung, demi kesejahteraan masyarakat, khususnya petani,” jelasnya.

Proses pemuatan jagung di Pelabuhan Tilamuta

Seperti diketahui, pada tahun 2020 ini, sebagian besar wilayah di Provinsi Gorontalo sempat mengalami gagal panen akibat serangan hama beberapa waktu lalu. Meski demikian Bupati Darwis mengaku heran dan sangat mengapresiasi banyaknya jagung yang bisa dikirim keluar daerah, meski wilayah Gorontalo sempat mengalami gagal panen, dimana Kabupaten Boalemo, saat ini dikenal sebagai daerah terbesar penyumbang produksi jagung di Gorontalo.

“Saya sempat herah, dan ini yang saya sangat apresiasi pemuatan jagung ini, sebab tahun ini di Provinsi Gorontalo mengalami gagal panen, tapi perusahaan bisa mengekspor sebanyak 4000 ton, itu berarti jika tidak terjadi gagal panen, perusahaan bisa mengekspor lebih besar lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Andi Fernadi Lesmana, selaku Kepala Cabang PT Segar Pangan Sejahtera Gorontalo, mengatakan, alasan pemilihan pelabuhan Tilamuta sebagai lokasi pemuatan jagung, disebabkan kemudahan serta dukungan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Boalemo.

“Karena pemerintah daerah sangat mendukung melalui pelabuhan Tilamuta, sehingga kami sangat dimudahkan untuk pengiriman jagung keluar daerah,” jelasnya.

Andi juga menambahkan, kedepan, pihaknya akan terus memanfaatkan pelabuhan Tilamuta untuk melakukan pengiriman jagung.

“Kami akan selalu berusaha untuk memanfaatkan pelabuhan Tilamuta, daripada jauh-jauh, kita akan memanfaatkan pelabuhan disini,” tutupnya.

Editor : Zul Hunowu

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close