Kotak Suara Pemilu di Pohuwato Dibuka Kembali, Ini Penjelasannya

laporan /Editor : Ronal Tine

Pohuwato (PNews) – KPUD Pohuwato, Rabu (3/7), membuka kotak suara pemilu 2019. Menurut Anggota, Firman Ihwan, pembukaan kotak suara berdasarkan surat yang diterima dari KPU RI. “ Isinya menyampaikan kepada KPUD Kabupaten/Kota Pohuwato agar dapat mengambil dokumen hasil rekapitulasi yang akan digunakan sebagai bukti penyelesaian sengketa pemilu,” katanya.

Dilain pihak, pembukaan kotak suara, “ telah dikoordinasikan dengan bawaslu dan kepolisian setempat sesuai ketentuan yang berlaku dan telah mengundang Partai Politik peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Pohuwato,” terangnya.

Namun, Partai Politik PDI-P yang mengajukan gugatan di Mahkama Konstitusi (MK) RI  belum hadir saat pembukaan kotak suara berlangsung “ Kami sudah mengundang Politik Peserta pemilu 2019, tetapi yang hadir baru Partai Golkar,” paparnya.

Acara Pembukaan Kotak suara Pemilu oleh KPUD Pohuwato

Sementara itu, Pihak KPUD Pohuwato akan menyiapkan bukti seperti, foto C1 Plano, dokumen C1 TPS, Mandat Saksi Partai Politik TPS dan Kecamatan serta  Model DA, DATT KPU ditingkat Kecamatan. “ Sebagai bagaman arahan penasehat hukum KPU RI, Alat bukti, yang akan disiapkan antara lain, Model dokumen dan Photo C1 plano DPRD Kabupaten  di Kotak Suara TPS 003 Desa Palopo, TPS 001 Desa Buntulia Selatan dan Kotak Suara ditingkat Kecamatan yakni, Patilangio, Marisa dan Duhida’a,” jelas Firman

Sementara itu, informasi yang diterima Posting News Ketua KPUD Pohuwato saat ini telah berada di Jakarta untuk mempersiapkan sidang di MK yang akan digelar 11 Juli mendatang. Kegiatan ini juga turut dihadiri pihak KPUD Provinsi Gorontalo, Bawaslu Daerah dan Pihak Kepolisian.

Sampai dengan saat ini, pembukaan kotak suara masih berlangsung di Kantor KPUD Pohuwato. Sebelumnya, pihak KUPD Pohuwato digugat oleh Partai PDI-P melalui MK dengan berkas No. 78-03-30/PHPU DPR-DPRD/XVII/2019. TPS yang digugat dan klaim selisih suara menurut penggugat sebagai berikut:

  1. TPS 01 Desa Iloheluma, Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato telah ada protes terhadap Suara Partai Golkar dengan perolehan suara sebanyak 82 suara seharusnya 75 suara (klaim selisih 7 suara).
  2. TPS 04 Desa Palopo, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato telah ada protes terhadap suara Partai Golkar dengan perolehan suara sebanyak 71 suara seharusnya 51 suara (klaim selisih 20 suara).
  3. TPS 01 Desa Buntulia Selatan, Kecamatan Duhiadaa, Kabupaten Pohuwato telah ada protes terhadap suara Partai Golkar dengan perolehan suara sebanyak 119 suara seharusnya 109 suara (klaim selisih 10 suara).
  4. TPS 03 Desa Palopo, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato Partai Golkar dengan perolehan suara sebanyak 82 suara seharusnya 79 suara (klaim selisih 3 suara) (*PNews)
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close