Trending

Kebakaran Lahan Marak Terjadi di Pohuwato, BPBD Warning Pelaku Bisa Dipidana

Laporan : Iwan Karim/Humas Pemda Pohuwato 
Editor : Ronal Tine

Pohuwato postnews.idHati – hati! bagi petani yang membersihkan lahannya dengan cara membakar rumput, karna musim kemarau seperti ini mudah terjadi kebakaran. Buktinya, akibat cara pembakaran seperti itu, mengakibatkan beberapa lahan pertanian di Kabupaten Pohuwato terbakar.

Kebakaran lahan itu, berlangsung Kamis (19/9) di Desa Sari Murni Kecamatan Randangan sekitar 5 hektar dan Desa Iloheluma kurang lebih 1 hektar. Kembali terjadi lagi, Jum’at, (20/9) sekitar pukul 13.00, di dusun Rejo Mulyo Desa Manunggal Karya Kecamatan Randangan yakni di sekitar Makam masyarakat asal Jawa di Jalan Trans Sulawesi. Tapi pemicu kebakaran ini berbeda dengan sebelumnya.

Dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) unit III Provinsi Gorontalo, menemukan titik koordinat sumber api, disinyalir akibat puntung rokok, lalu merembes ke lahan masyarakat di Pegunungan sekitar sumber api tersebut. Menerima laporan kebakaran, berbagai pihak diantaranya Polsek dan Pemerintah Kecamatan, Badan Penanggulan Bencana Daerah dan Pemadan Kebakaran serta Dinas Kehutanan, bergegas memadamkan api tersebut.

“Pemda Pohuwato melalui BPBD berharap kiranya pemerintah Kecamatan dan Desa wajib melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat, terutama petani agar jangan membakar lahan apapun alasannya karena ini musim kemarau,” tegas Ramon Abdzul Kepala BPBD Pohuwato, Jum’at (20/9). Apalagi sekarang ini katanya, Kita masa tanggap darurat pertama 14 hari kedepan. “Kita juga sedang menangani krisis air kurang lebih 30 Desa di Pohuwato yang terdampak,” cetusnya.

 Pemda Pohuwato menganjurkan “Kemarau ini ada kaitan dengan angin dan rawan kebakaran, sehingga diharapkan kepada warga masyarakat jangan sekali-kali membakar lahan. Sebaiknya rumput yang dibersihkan di lahan itu tidak dibakar, melainkan ditimbun dalam lubang supaya aman” ujar Ramon

Disinggung apa ada tindakan? Ramon menjelaskan, “bahkan di Gema Panua di Popayato Barat dan Popayato sudah diingatkan oleh Kapolres, bahwa yang membakar dengan sengaja lahan itu akan ditindak secara tegas, dan itu ada instruksi presiden,” tuturnya. Tapi melalui tahapan sosialisasi, arahan peringatan dan terakhir penindakan secara tegas yang bisa dituntut pidana.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close