POLITIK

18 M & Plus APD Hibah Pilkada Pohuwato Masa Covid-19

POSTNEWS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato menandatangi Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), di Aula BPKAD Pohuwato, Kamis (25/6).

Penandatanganan NPHD tersebut, dilakukan Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga dan Ketua KPU Kabupaten Pohuwato Rinto Ali. Kegiatan ini turut disaksikan Komisioner KPU Kabupaten Pohuwato beserta Sekretaris KPU Kabupaten Pohuwato dan para  Kasubagnya, Sekretaris Daerah para Asisten Bupati , Staff Ahli , dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Adendum kedua sebagai penanda bahwa Pesta Demokrasi Penyelenggaraan Tahapan Lanjutan Pilkada Serentak Desember 2020 mendatang akan segera dimulai. Dijadwalkan Pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020, dengan dasar hukum lewat Perppu Nomor 2 tahun 2020 yang keluar pada 5 Mei dan direstui Satgas Covid-19 melalui surat bernomor B-196/KAGUGUS/PD.01.02/05/2020 pada 27 Mei.

Selain itu, diatur melalui Permedagri nomor 41 Tahun 2020 tentang perubahan Atas Permendagri Nomor 54 Tahun 2019 tentang pendanaan kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati & Wali Kota yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato dalam hal ini sudah menyepakati usulan KPU terkait pencermatan  dan rasionalisasi anggaran Pilkada, termasuk addendum NHPD pencairan tadi nya ada 3 tahap sebelum pandemi, sekarang disepakati menjadi 2  tahap pencairan.

Dimana untuk pencairan tahap pertama dengan persentase 40 persen, dari nilai NPHD atau sekitar Rp.7,4 milyar dan dicairkan paling lambat 14 (empat belas) hari setelah DPA PPKD ditandatangani oleh Sekretaris Daerah selaku Koordinator TAPD. Selanjutnya tahap kedua dengan presentase 60 persen sebesar Rp. 11,1 milyar yang akan dicairkan paling lambat 5 (lima) bulan sebelum hari pemungutan suara nanti.

Tak tanggung-tanggung Pemkab Pohuwato telah mengucurkan anggaran sebesar Rp. 18,5 miliar, yang nantinya anggaran ini digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan lanjutan Tahapan Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2020.

Selebihnya, dalam pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi corona yang masih berlangsung saat ini, Pemkab Pohuwato telah membrikan bantuan untuk pemenuhan protokol Covid-19 . Saat ini KPU Pohuwato telah menerima sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) berupa 180 pcs Hazmat dan Pelindung wajah, 192 pcs Masker Kain, serta 1 Galon Hand Sanitizer.

Bupati Pohuwato sangat berharap agar hibah APD tersebut digunakan semaksimal mungkin sebagai penunjang kegiatan & kelancaran Pilkada 2020. “Diharapkan, APD tersebut dapat dipergunakan dengan maksimal sehingga seluruh proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato periode 2021-2024 berjalan dengan lancar. Dengan anggaran yang telah dialokasikan tersebut, Pemkab Pohuwato siap dukung & sukseskan Pilkada 2020” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pohuwato Rinto Ali mengapresiasi dukungan Pemerintah Daerah akan kesuksesan Pilkada Pohuwato pada Desember 2020 ini, dan setelah pendatanganan NPHD ini masih ada tahapan yang harus di tempuh untuk bisa mempergunakan anggaran tersebut.  Di tambahkan oleh beliau, Saat ini KPU sedang sibuk mempersiapkan tahapan verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan & perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

R | Ronald Tine

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close