PERISTIWA DAN HUKUM

Dua Kades di Boalemo Diberhentikan Diduga Terlibat Kasus Dana Desa

POSTNEWS.ID – Kepala Desa (Kades) Desa Pentadu Barat Kecamatan Tilamuta, Inisial SK dan Kades Tanah Putih Kecamatan Dulupi inisial DK, resmi diberhentikan, Senin (2/3).

Pemberhentian kedua Kades tersebut, disinyalir terlibat dalam kasus penyimpangan dana desa. Ini terungkap dalam posesi pengambilan sumpah dan pelantikan Kepala Desa, di Gedung Pendopo Kantor Bupati Boalemo.

Kepala Desa Pentadu Barat Kecamatan Tilamuta digantikan Dadang Adhan Moridu sebagai penjabat, sedangkan Kepala Desa Tanah Putih, dijabat sementara, oleh Iskandar Djibu.

®postnews.id | Bupati Boalemo Darwis Moridu melantik Penjabat Kepala Desa Pentadu Barat dan Tanah Putih

Pada kesempatan itu, Bupati Boalemo Darwis Moridu mengatakan, pemberhentian ini merupakan sebuah langkah yang positif, untuk memberikan kesempatan bagi Kades yang terlibat hukum, untuk menyelesaikan persoalannya.

Meski demikian, Bupati Darwis menjelaskan, bahwa pemberhentian tersebut hanya bersifat sementara, serta sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat, dalam rangka pengawasan dan pelaksanaan dana desa dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Saya tekankan ini hanya pemberhentian sementara Kepala Desa, dalam rangka mendukung upaya pemerintah pusat dalam pengawasan pelaksanaan dana desa dan alokasi dana desa yang benar-benar dapat dipertanggung jawabkan sebagaimana aturan yang berlaku,” terang Bupati.

Selebihnya, Bupati Darwis mengingatkan kepada seluruh pemerintah Desa, untuk senantiasa berpedoman pada aturan yang berlaku, terkait pengelolaan dana desa maupun ADD. “Selaku pemerintah daerah, senantiasa kami mengingakan kepada seluruh desa, agar berpedoman pada seluruh aturan yang mengatur tentang pengelolaan dana desa maupun ADD, sebab dana desa dan ADD ini sangat sensitif yang diperuntukkan untuk pemberdayaan masyarakat,”ujarnya.

Bupati menambahkan, pihaknya tidak akan segan-segan untuk menindak bagi para Kepala Desa yang melanggar ketentuan. “Kami tidak segan-segan untuk menindaklanjuti apa bila ada yang melanggar wewenang dan ketentuan yang sudah diatur,” tegasnya.

ZH | Ronald Tine
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2321
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close