Dapil Pohuwato-Boalemo, Satu Kursi DPRD Provinsi Terlepas dari Golkar

Laporan : Faisal Rasyid, Editor : Putra Dalang

Gorontalo (PNews) – Partai Golkar Gorontalo yang dipimpin Rusli Habibie harus rela melepaskan satu kursi DPRD Provinsi Gorontalo, untuk Partai PDI-P pemilu 2019 ini. Pasalnya pesta demokrasi 2014 lalu partai Golkar Dapil Pohuwato Boalemo atau sering disebut Gorontalo 6 menymbangkan 4 Kursi ke Parlemen Puncak Botu.

Namun berbeda halnya dengan hasil pemilu 2019 kemarin (17/4/19) partai Golkar dengan hitungan sainte lauge partai Golkar dengan perolehan suara total partai 41.904 berdasarkan hasil DC 1 DPRD Provinsi Gorontalo hanya memperoleh 3 kursi masing masing calon legislative yang lolos yakni, Suharsi Igirisa (7,436 Suara), Oktohari dalanggo (6.301 Suara) dan I wayan Sudiarta (5.101 Suara).

Dilain pihak Petahana Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, seperti Nikma Tahir (5067 Suara) kurang sedikit melampui perolehan suara kursi ke tiga Partai Golkar. Kemudian petahana lainnya, seperti Ulul Adzmi Kadji (4575 Suara) yang berada pada posisi ke lima dari 11 Caleg Golkar yang terdaftar.

Sementara itu, Partai PDIP menyumbangkan dua kursi ke DPRD Provinsi Gorontalo masing masing Laode Haimudin dan Dedi Hamzah sedangkan, Partai Gerindra mampu mempertahankan satu kursi yaitu Nani Mbuinga yang lebih banyak suaranya dari Petahana Gerindra hasil PAW dari Almarhum Ansar Akuba. Berikutnya, Partai PKB, Nasdem, Demokrat, PAN, PPP.

Selain itu Partai Keadilan Sejahtera yang berhasil meraih satu kursi pada pemilu 2014 lalu tidak berhasil meloloskan Calegnya sebagai Anggota DPRD Provinsi Gorontalo perwakilan rakyat Pohuwato dan Boalemo. [*PNews]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close